Pokoke enjoy weh lah..

Friday, June 30, 2006

Pulang Kampung (Lagi)

Tinggal menunggu beberapa hari lagi menuju tgl 4 Juli 2006. Akhirnya setelah pengembaraan selama kurang lebih 1 tahun di Korea, akhirnya kembali lagi ke tanah air ku.. hehehe
Banyak sekali pengalaman berharga yg diperoleh disini, baik pengalaman kerja bahkan pengalaman hidup yang sangat berharga.
Korea dalam pandangan Saya adalah negeri yang sampai saat ini masih memegang teguh budayanya. Mereka sangat menghargai warisan budaya leluhurnya...dan hebatnya mereka sangat bangga dengan atribut itu. Etos kerja yang luar biasa, keramahtamahannya (meskipun tidak jarang Saya menjumpai orang yang emosional di sini), dan tentunya perkembangan negara yang begitu pesat.
Sebagai informasi, Korea merdeka pada 15 Agustus 1945. Hanya 2 hari perbedaannya dengan Indonesia. Tahun 1960-an negeri kita dilanda krisis yang menyebabkan revolusi, begitu pula Korea, pada tahun 50-an didera perang saudara sehingga membelah semenanjung Korea menjadi 2 negara dengan ideologi yang berbeda. Tapi yang terlihat saat ini jauh berbeda antara kondisi bangsa kita dengan Korea. Sementara mereka semakin kompak untuk mejadikan bangsanya nomor 1 di asia (bahkan mungkin dunia), kita masih terjerembab di titik nadir...dan masih saling menyalahkan satu sama lain. (sori seriusan....)
Satu hal lagi yang Saya lihat dari Korea. Orang-orang Korea sangat tergila-gila pada KESEHATAN. Mereka rela mengeluarkan anggaran yang besar untuk memperoleh nutrisi terbaik, suplemen tambahan, dan lingkungan yang sehat. Dan pastinya semua yang mereka beli adalah produk mereka sendiri. Ya...mereka juga sangat fanatik dengan produk mereka. Jalan-jalan di jalanan Seoul, dijamin sangat jarang menemukan mobil buatan luar Korea..gilee bener... Lalu bagaimana dengan kita? Mungkin kita masih belum bisa menghargai produk kita sendiri? Sayangnya (dengan berat hati) saya juga masih jarang menggunakan produk dalam negeri..
Well... meskipun demikian, kembali ke tanah air sangat dinanti..cihuyyy tinggal 4 hari lagi...hehehe... See U in Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

<< Home